Analysis Perdagangan Melalui Internet
Aplikasi internet saat ini telah memasuki berbagai segmen aktivitas manusia baik dalam sektor politik, sosial, budaya, maupun ekonomi dan bisnis.Dalam bidang perdagangan, internet mulai banyak dimanfaatkan sebagai media aktivitas bisnis terutama karena kontribusinya terhadap efisiensi. Aktivitas perdagangan melalui media internet ini populer disebut dengan e_commerce.
Dalam e-commerce konsumen memiliki posisi yang lebih baik dibanding dengan perdagangan konvensional karena konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail. Melalui internet konsumen dapat memperoleh aneka informasi barang dan jasa dari berbagai toko dalam berbagai variasi merek lengkap dengan spesifikasi harga, cara pembayaran, cara pengiriman, bahkan beberapa toko juga memberikan fasilitas pelayanan track and trace yang memungkinkan konsumen untuk melacak tahap pengiriman barang yang dipesannya. Kondisi tersebut memberi banyak manfaat bagi konsumen karena kebutuhan akan barang dan jasa yang diinginkan dapat terpenuhi. Selain itu juga terbuka kesempatan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan jasa sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial konsumen dalam waktu yang relatif efisien.
Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan di bayar. ‘Shopping cart’ biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut.
Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.
Setelah pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet Hal ini menghasilkan bentuk – bentuk atau metode penjualan baru namun dengan tingkat persaingan yang tinggi pula.
Ada beberapa Web yang dikeluarkan oleh e_commerce yaitu AMAZON.COM, EBAY.COM, FASTNCHEAP.COM, BHINNEKA.COM. web-web ini berfungsi untuk mejual barang-barang melalui internet meski mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Disini akan diterangkan perbedaan dari web-web tersebut.
· AMAZON.COM
Disini terdapat jual beli barang melalui internet. Konsumen hanya perlu mendaftar saja maka konsumen bisa memesan barang yang diinginkan. Amazon.com menawarkan berbagai macam barang diantaranya adalah books, movie, music, games, digital downloads, electronic, computers, home&garden, grocery, toys, kids, baby, apparel, shoes, jewelry, health&beauty, sports, outdoors, tools, auto, industrial. Barang-barang ini berasal dari Jepang dan bisa didapatkan langsung dengan memesan melalui amazon.com.
· EBAY.COM
Adalah tempat lelang online yang dalam situs ini dijual berbagai barang-barang yang banyak dijumpai konsumen, banyak dibutuhkan oleh konsumen dan juga barang-barang yang mudah didapat oleh konsumen. Barang-barang yang dijual oleh ebay.com hampir sama seperti barang-barang yang dijual oleh amazon.com, hanya beda merk dan asal tempat barang itu diproduksi. Dari segi harga juga hampir sama dengan amazon.com.
· FASTNCHEAP.COM
Merupakan tempat jual beli online. Fastncheap.com berbeda dengan amazon.com dan ebay.com. disini fastncheap menjual barang-barang yang lebih khusus lagi tidak seperti amazon.com dan ebay.com yang menjual semua barang yang dibutuhkan konsumen dan dapat dengan mudah dijimpai. Fastncheap menjual barang-barang seperti: Audio/video, cables&adaptors, computer accessories, CPU cases, dekstop pcs, digital cameras, finger print scanners, game consoles, graphic cards, input device, memory, modems, monitors, mother boards, mp3,mp4 players, networking products, note book accessories, note books, pda, power protection, printers&supplies, processor, scanners, softwares, sound cards, speakers, storage&media.
· BHINNEKA.COM
Dalam situs ini kedudukan dan fungsi bhinneka hampir sama dengan fastncheap yaitu sama-sama menjual barang-barang yang lebih khusus lagi seperti barang-barang elektronik dan komputer beserta asesorisnya. Yang membedakan disini hanyalah masalah harga. Mungkin di fastncheap barang A mahal dan barang B murah sebaliknya dengan di bhinneka, barang A murah dan barang B mahal. Dan juga perbedaanya adalah jika pada feastncheap diberikan kotak saran bagi konsumen yang ingin mengungkapkan pendapatnya kepada retailer untuk memperbaiki kinerja dan introspeksi bagi retailer agar bisa lebih baik lagi dalam melayani konsumen tetapi di situs bhinneka.com tidak terdapat kotak saran untuk konsumen yang ingin mengungkapkan pendapatnya tentang kinerja bhinneka.
Dari ke empat situs tersebut bisa didapat kemudahan-kemudahan dalam membeli barang. Karena selain kita mengetahui bentuk barang melalui foto kita juga bisa mengetahui harga dari barang-barang yang ingin kita beli. Hanya dengan mendaftar menjadi anggota pada situs tersebut kita bisa langsung memesan dan membeli barang yang kita inginkan dan juga bisa mengetahui informasi tentang barang tersebut. Jika kita menjadi anggotanya kita juga bisa mendapatkan reward atau diskon jika akan membeli barang.
Menurut saya penjualan melalui jalur internet di Indonesia masih belum efektif karena SDM di Indonesia yang masih kurang dan juga pengetahuan tentang internet masih minim sekali. Jadi jika menjual barang melalui internet tidak banyak orang yang mengetahuinya dan juga kasus penipuan melalui internet karena kurangnya pengetahuan penduduk Indonesia tentang internet. Padahal dengan internet banyak sekali manfaat yang kita peroleh selain pengetahuan juga salah satunya itu dapat membeli barang melalui internet. Sekarang pemerintah sudah mengupayakan agar penduduk Indonesia tidak tertinggal jauh salah satunya dengan pengenalan internet. Sekarang ini sudah banyak internet yang masuk ke desa-desa yang ditujukan untuk menambah pengetahuan kepada penduduk Indonesia tentang internet.
Kesimpulan dari ini semua adalah dengan penduduk Indonesia mengenal internet maka penduduk Indonesia bisa mengembangkan kemampuannya ke bidang E_commerce yaitu jual beli barang melalui internet karena dengan adanya e_commerce banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh, salah satunya adalah bisa bertransaksi tanpa mengenal jarak.
CHAYOOO!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar